TIPS BELAJAR BIOLA

Bagaimana supaya Anda mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari belajar biola

Belajar biola tidaklah seperti belajar pelajaran sekolah pada umumnya. Belajar biola disamping memerlukan ketrampilan olah otak juga olah otot, atau melibatkan pekerjaan fisik. Disamping itu perlu kemauan hati yang kuat untuk belajar karena biola tidak dapat dipelajari dalam sekejap saja. Perlu minimal 2 tahun bagi seorang murid untuk dapat bermain biola secara benar. Sama pula seperti les alat musik lain semisal piano, organ, dan sebagainya. Murid perlu meluangkan waktu untuk melatih diri diluar jam lesnya. Disamping itu perlu dikerjakan PR yang diberikan saat les.

Supaya berhasil dalam mempelajari biola, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Biola yang digunakan harus sesuai dengan anatomi tubuh sehingga tidak menyebabkan keletihan atau sakit pada anggota tubuh. Disamping itu, penggunaan ukuran biola yang sesuai akan menyebabkan jari-jari tangan kiri, yang berperan dalam produksi suara yang tepat, akan dapat menjangkau tempat-tempat yang sesuai di atas fingerboard. Ini akan menolong dalam memperbaiki produksi suara yang dihasilkan dalam permainan biola. Hindari biola yang relatif terlalu besar dibandingkan tubuh, sebaliknya biola yag terlalu kecil tidaklah begitu memberikan efek buruk, kecuali jika si pemain merasa tidak nyaman. Konsultasikan ukuran yang tepat dengan guru Anda dan mintalah memilihkan yang sesuai. Jika membeli biola dari toko alat musik, jangan membeli dengan ukuran yang disarankan penjaga toko. Tetap ikuti ukuran yang ditentukan guru Anda.
  2. Penggunaan shoulder rest harus disesuaikan dengan keadaan. Beberapa orang yang menggunakan shoulder rest merasa terbantu dengan adanya produk tersebut, sebaliknya beberapa orang merasa tidak nyaman dengannya. Karena itu harus ditentukan berdasarkan kebutuhan, bukan permintaan guru atau sekedar mengikuti orang lain. Disarankan menggunakan kain tebal semacam handuk atau saputangan tebal yang diselipkan antara biola dan bahu.
  3. Carilah ruang yang nyaman dan sedikit perabotan serta jauh dari lalu-lalang orang lain. Hal ini untuk memberi suasana tenang dan nyaman. Atur penerangan ruang supaya materi pelajaran dapat terlihat dengan jelas. Atur suhu ruangan supaya tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Hindari berlatih di ruangan terbuka, karena angin akan menerbangkan materi latihan, atau suara orang akan menyebabkan konsentrasi terganggu. Lagipula berlatih di ruang terbuka menyebabkan pemain tidak dapat mendengar suara biolanya sendiri dengan baik sehingga kontrol jari tidak efektif.
  4. Jangan berlatih ketika sedang dalam keadaan mengantuk atau sakit karena tidak akan efektif. Murid hanya akan sibuk mengurusi badannya yang tidak sehat, terlebih jika terkena flu berat.
  5. Jika Anda adalah seorang pelajar yang sibuk dengan kegiatan sekolah (ekskul atau semacamnya) atau memiliki les lain, jangan tempatkan jadwal les biola Anda sesudah kegiatan fisik (seperti les karate, taekwondo, bulutangkis, tenis, dsb.). Hal ini akan menyebabkan Anda terlalu letih untuk sebuah les biola. Jangan pula tempatkan jadwal les biola Anda terlalu dekat sebelum les lain, terlebih jika Anda punya PR di les yang berikutnya itu dan belum Anda kerjakan. Lebih baik tempatkan kira-kira 1 jam setelah pulang sekolah atau kerja. Jika lebih dari itu biasanya suasana hati sudah tidak berkeinginan untuk melakukan sesuatu selain bersantai.
  6. Siapkan semua yang dibutuhkan sebelum les dimulai, seperti biola, buku-buku pelajaran, music stand, kursi-kursi. Jangan lupa lakukan tuning (jika Anda bisa melakukannya). Beri rosin pada bow secukupnya. 15 menit sebelum les dimulai, lakukan pemanasan dengan memainkan PR yang diberikan guru pada les sebelumnya.
  7. Pada saat les, bertanyalah jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan dan mintalah guru memberi contoh pada suatu materi pelajaran yang belum dimengerti dengan benar. Perhatikan penjelasan guru dengan seksama, dan jika masih belum jelas lagi, selalu minta diberikan contoh cara memainkannya. Selebihnya adalah tergantung kepiawaian sang guru untuk menjelaskan.
  8. Kesuksesan Anda sangat tergantung dari bagaimana guru mengajar Anda. Guru Anda harus mahir dan piawai dalam memilihkan materi pelajaran yang tersusun dalam suatu sistematika yang jelas. Latar belakang pendidikan seorang guru tidaklah berhubungan dengan kepandaian guru dalam menyampaikan materi. Sebaliknya pengalaman yang luas dan lama adalah satu-satunya petunjuk tentang kompetensi sesungguhnya dari seorang guru. Jika memungkinkan, pilihlah guru yang sudah terus-menerus mengajar lebih dari 10 tahun. Perhatikan yang berikut: Seorang guru biola adalah seorang pemain biola, tetapi tidak semua pemain biola bisa menjadi guru biola yang baik.
  9. Selalu latih permainan biola Anda minimal 1 kali seminggu di luar jam les. Waktu 1 jam cukup untuk berlatih. Semakin banyak, semakin baik dan semakin cepat menguasai permainan biola Anda.
  10. Jika Anda sudah belajar kira-kira 2 tahun, carilah kelompok musik amatir yang memiliki posisi lowong untuk pemain biola dan bergabunglah di situ. Atau jika di sekolah/perguruan tinggi Anda terdapat semacam orkes remaja, jangan ragu untuk bergabung. Jangan lupa, tetap berkonsultasi dengan guru Anda tentang kelompok musik yang cocok untuk Anda. Dengan bermain bersama orang lain dalam suatu kelompok musik semacam orkestra atau ensembel, akan mempercepat perkembangan permainan Anda. Namun harus selalu diingat, bergabungnya Anda tersebut bukan berarti perhatian terhadap les biola Anda berkurang. Les biola tetaplah sebagai tempat utama Anda untuk mengembangkan permainan Anda. Jika perlu mintalah guru Anda memilihkan permainan duet dan bermain dengan Anda selama les berlangsung.
  11. Terakhir dan paling penting: Anda harus punya motivasi kuat untuk belajar biola. Motivasi diri Anda dengan menganggap belajar biola adalah investasi untuk masa depan. Ketrampilan-ketrampilan praktis seperti bermain biola sangatlah membantu kita di masa depan, saat dimana ilmu yang didapat di pendidikan formal (sekolah) tidak banyak membantu kita. Disamping itu, bukankah lebih baik punya ketrampilan daripada tidak sama sekali?